Minggu, 06 Maret 2016

Tugas Manajemen Strategi

MANAJEMEN STRATEGI
PT. Coffee Toffee Indonesia

 Carilah kasus di internet tentang strategi dan taktik perusahaan, jelaskan perbedaannya!

Jelaskan bagaimana perusahaan tersebut mengimplementasikan manajemen strategi! 

Strategi dan taktik dua kata yang berbeda tetapi sering membingungkan kita, apakah memiliki arti yang sama ataukah berbeda? Menurut kamus wikipedia, strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.Kata "strategi" adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunanistratēgos. Adapun stratēgos dapat diterjemahkan sebagai 'komandan militer' pada zaman demokrasi Athena. Berbeda dengan strategi, taktik adalah merupakan sebuah cara-cara atau pengaplikasian yang nyata dari strategi yang kemudian digunakan untuk melancarkan rencana tersebut. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, taktik memiliki definisi sebagai sebuah rencan atau tindakan yang memiliki sistem untuk dapat mencapai sebuah tujuan, dan juga adalah merupakan pelaksanaan dari sebuah strategi dan merupakan bagian dari sebauh siasat atau muslihat (KBBI, 2015).Strategi dan juga taktik adalah merupakan dua hal yang berbeda namun keduanya nyaris sama pentingnya dan saling berkaitan antar satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan antar satu sama lain. Startegi dapat diartikan sebagai sebuah rencana yang telah dipersiapkan untuk dapat mencapai tujuan dan juga kepentingan negara dari seorang individu yang telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan taktik adalah sebuah cara yang dilakukan didalam pelaksanaan implementasi dari strategi tersebut.  Strategi lebih mengarah pada hasil yang kemudian akan bersifat jangka panjang karena strategi sendiri adalah merupakan sebuah perencanaan terhadap sebuah cara yang akan ditempuh untuk dapat mencapai sebuah tujuan yang akan dicapai. Adanya tujuan yang jelas akan membuat strategi semakin berjalan jelas karena tanpa adanya tujuan, akan sulit untuk dapat menentukan strategi apa yang tepat dan juga efektif untuk dapat mencapai tujuan tersebut. Untuk itulah mengapa tujuan menjadi sebuah hal yang krusial dan juga penting bagi terlaksananya sebuah strategi yang baik. Sedangkan taktik adalah sebuah aksi dimana strategi yang telah direncanakan sebelumnya bisa dapat dicapai dengan lebih efektif dan lebih efisien dengan cara-cara yang akan digunakan. Namun, apabila strategi bersifat jangka panjang, berbeda halnya dengan taktik. Taktik sendiri memiliki sifat yang mengarah pada hasil jangka pendek (Susilo, 2014).

ABOUT COFFEE TOFFEE

COFFEE TOFFEE. berdiri dibawah PT. Coffee Toffee Indonesia pada tahun 2006. Misi kami adalah memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia, yang meskipun sebagai salah satu negara terbesar penghasil kopi dunia, sebagian betas masyarakatnya tidak mengetahui mengenai kopi.Kami akui bahwa tidak mudah untuk membangun sesuatu yang baru. Kami sempat jatuh di tahun 2008, akan tetapi kami bangkit lagi. Kami mulai mencoba menjalankan usaha ini lagi dengan konsep usaha yang barn meskipun pada awalnya banyak juga yang meremehkan kualitas dan kemampuan kami.Akan tetapi komitmen kami adalah menyediakan produk lokal 100% Indonesia kualitas terbaik. Jadi dengan berjalannya usaha, kami mulai mempelajari sernua ilmu dan skill daises dunia kopi untuk menjadi seorang profesional dan expert di bidang ini. Kami mempelajari teknik — teknik penyeduhan, kami datang ke berbagai kelompok tani, kami mengambil sertifikasi coffee cupper di Akademi Kopi dan Kakao, kami mengambil berbagai sertifikasi lainnya di bidang kopi dan kami aktif dalam asosiasi kopi.Dan disinilah kami, COFFEE TOFFEE., berdiri dengan bangga dan rendah hati. Sekarang kami berdiri dengan lebih dari 100 gerai yang tersebar di seluruh Nusantara. Produk kami diterima dengan balk oleh pelanggan —pelanggan tercinta kami, beberapa bahkan merindukan kami di akhir minggu mereka.Dan ada hari - had climate kami menitikkan air mats ketika mendengar (dan membaca di twitter) bahwa name COFFEE TOFFEE. menjadi pilihan yang lebih balk di bandingkan dengan merk luar atau merk lainnya yang telah eksis data generasi sebelumnya, atau pun ketika kami datang ke salah satu gerai dan mendapati gerai tersebut penuh sesak dengan pelanggan, dan kami dapat melihat bahwa setiap orang sedang "having a good time".

Company StatementKami adalah perusahaan kopi yang mendedikasikan seluruh gairah, kecintaan, dan antusiasme kami kepada dunia kopi yang menakjubkan. Kami adalah perusahaan lokal dan sebagian besar bahan baku yang kami gunakan adalah lokaL Ya, dan kami mengatakan hal tersebut dengan bangga.Kami tahu, begitu juga Anda, bahwa biji-biji kopi terbaik dunia berasal dari Indonesia. Kami berkeliling ke berbagai pelosok Indo-nesia dan bekerja sama dengan para petani dan pemanggang kopi lokal untuk mendapatkan citarasa kopi terbaik Indonesia, biji kopi arabika grade satu dariberbagai perkebunan yang tersebar di Nusantara.Sekarang kami menawarkan kepada Anda yang mempunyai gairah dan kecintaan yang sama dengan kami kepada dunia kopi, sebuah bisnis yang fun dan penuh lifestyle, COFFEE TOFFEE. HIDengan pengalaman dan pengetahuan kami di industri kopi ritel, mulai dari pemilihan biji kopi sampai dengan bagaimana mendesain sebuah coffee bat; kami membuat perjalanan bisnis kopi Anda menjadi EASY, SIMPLE, dan FUN!

ANALISA SWOT
SWOT adalah singkatan dari Strenghths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman). Ini adalah teknik untuk menyediakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi secara sistematis posisi organisasi, caranya berhubungan dengan lingkungan eksternal dan masalah serta peluang yang dihadapi. Tujuan analisis SWOT adalah untuk memisahkan masalah pokok dan memudahkan pendekatan strategis. Jadi dapa disimpulkan analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur-unsur internal (kekuatan dan kelemahan) terhadap unsur-unsur eksternal (peluang dan ancaman). 

Strenght (Kekuatan)
- Coffee Toffee adalah coffee shop asli dari indonesia sukses dengan banyak cabang
- Wi-fi layanan iinternet di seluruh gerai coffee toffee
- Pangsa pasar dan pertumbuhan pasar tinggi
- Pelayanan kopi cepat saji
- Memiliki banyak varian rasa dan produk
- Indonesia adalah penghasil kopi terbesar nomor 3 di dunia, hal ini tentu dapat memberi kesempatan besar untuk coffee toffee agar lebih maju lagi
- Outlet di posisikan di tempat yang strategis
- Tempat yang nyaman dengan interior yang menarik untuk indoor dan ada pilihan outdoor
- Harga yang relatif murah dibanding pesaing
- Rasa dan pengelolaan yang berkualitas
- Telah memperoleh banyak penghargaan

Weakness (Kelemahan)
- Banyaknya pesaing yang menjual produk serupa 
- Banyaknya pelanggan yang lebih memilih kopi buatan luar daripada lokal
- 90% biji kopi terbaik di ekspor

Opportunity (Peluang)
- Konsumen kopi yang tinggi di Indonesia
- Produk yang beragam tidak hanya kopi
- Menawarkan sebuah bisnis peluang usaha kepada calon - calon mitra yang potensial dan mempunyai gairah yang tinggi terhadap dunia kopi, untuk bergabung dalam jaringan bisnis ini

Threat (Ancaman)
- Krisis keuangan global yang membuat masyarakat cenderung untuk tidak menghabiskan terlalu banyak uang
Sentimental masalah dengan efek buruk kopi dari masyarakat
Ancaman produk pengganti termasuk barang-barang minuman lain seperti cola, teh atau jus yang dijual diritel
- Ancaman dari produk asing yang cenderung masyarakat indonesia kurang cinta produk dalam negeri

Analisys SWOT Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kekuatan (Strength)


FAKTOR NILAI BOBOT RATING SCORE
Fasilitas Wi-Fi 4 0.19 4 0.76
Gerai yang nyaman 3 0.21 4 0.84
Perkembangan cabang yang gencar 4 0.31 3 0.93
Lokasi yang strategis dan ramai 4 0.29 4 1.16
Total kekuatan 15

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Kelemahan (Weakness)

FAKTOR NILAI BOBOT RATING  SCORE
Tidak membuka gerai di mall 3 0.6 1 0.6
Kelemahan logo yang tidak konsisten 2 0.4 2 0.8
Total Kelemahan 5

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Peluang (Opportunity)

FAKTOR NILAI BOBOT RATING  SCORE
Pangsa pasar besar 4 0.3 4 1.2
Tingkat konsumen yang tinggi 3 0.22 4 0.88
Kemajuan teknologi komunikasi 3 0.23 4 0.92
Menawarkan bisnis waralaba 4 0.25 3 0.75
Total Peluang 14

Kuesioner Internal Factor Analysis Strategi Untuk Mengetahui Ancaman (Threat)
FAKTOR NILAI BOBOT RATING  SCORE
Banyak pesaing yang menjual produk serupa 4 0.22 3 0.66
Banyaknya produk pengganti 3 0.19 2 0.38
Kenaikan harga biji kopi 3 0.23 3 0.69
Konsumen berusaha menghindari kafein 4 0.36 2 0.72
Total Ancaman 14

Score kekuatan (strength) = 3.69
Score kelemahan (weakness) =  1.4
Score peluang (opportunity) = 3.75
Score ancaman (threat) = 2.45

Koordinat Analisis Internal:

(Score Total Kekuatan – Score Total Kelemahan) : 2
(3.69 - 1.4) : 2 = 1.145

Koordinat Analisis Eksternal:

(Score Total Peluang – Score Total Ancaman) : 2
(3.75 - 2.45) :2 = 0.65
Jadi: titik koordinatnya terletak pada (1.145 ; 0.65)
 DIAGRAM SWOT


Kesimpulan :
Faktor ini tidak hanya meningkatkan penjualan tetapi juga reputasi diantara para pecinta kopi. Coffee Toffee menghadapi persaingan yang aggressive di segala area di dalam bisnis mereka. Posisi yang sudah stabil karena sudah berdiri  lumayan lama dan dengan banyak cabang gerai. Bagaimanapun juga, seperti Coffee Toffee memiliki kapasitas keuangan yang baik dengan strategi yang baik, Ia dapat mengatasi semua pesaing untuk berperformance tinggi sebagai produsen kopi lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar